Cara Install File .deb di Ubuntu Lewat Terminal dan GUI

Ketika mengunduh sebuah software linux melalui website, kita akan mendapatkan file installer yang berekstensi .deb (debian package) untuk selanjutnya dipasang pada komputer dengan sistem operasi Debian dan turunannya.

Sebenarnya apa itu file .deb dan bagaimana cara menginstalnya? pada artikel kali ini Om Komputer akan menjelaskan sedikit tentang format file .deb dan bagaimana cara install file .deb di Ubuntu dan turunan Debian lainnya seperti Linux Mint, Kali Linux dan sebagainya.

Apa itu File .deb?

Deb adalah format paket perangkat lunak untuk distribusi linux Debian serta turunannya dan memiliki ekstensi .deb di belakangnya. File .deb terdiri dari dua arsip tar, dimana yang satu berisi informasi kontrol dan satunya lagi berisi data yang dapat dipasang.

Jika di Windows kita mengenal format .exe sebagai installer aplikasi, maka di linux khususnya keluarga Debian kita akan menemukan file .deb sebagai installer-nya.

File ber-ekstensi .deb dapat diinstal dengan berbagai cara, di antaranya menggunakan Software Center yang berbasis GUI dan instalasi lewat Command Line di terminal linux.

Pada contoh kali ini saya akan menggunakan file Opera Web Browser sebagai paket aplikasinya dan saya asumsikan anda sudah memiliki file .deb yang sudah didownload sebelumnya.

Berikut tutorial lengkap tentang cara install file .deb di Ubuntu dan distro linux keluarga debian lainnya:

1. Install File .deb Menggunakan APT

APT (Advanced Package Tool) merupakan package manager berbasis perintah pada Debian dan turunannya yang paling umum digunakan. APT berfungsi untuk memasang aplikasi baru, meng-upgrade aplikasi yang terinstal, bahkan meng-upgrade sistem Linux.

Selain menginstal aplikasi lewat jaringan, APT juga bisa memasang paket .deb melalui Command Line di terminal dengan perintah berikut:

sudo apt install ./nama-aplikasi.deb

Ganti nama-aplikasi.deb dengan nama paket yang akan anda pasang.

Pertama-tama masuk ke direktori di mana file .deb tersebut berada. Sebagai contoh, file .deb di komputer saya berada pada path /home/omkomputer/Downloads. Berikut perintah untuk pindah ke direktori tersebut:

cd /home/omkomputer/Downloads

Kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstal file .deb:

sudo apt install ./opera-stable_72.0.3815.148_amd64.deb

Akan muncul pertanyaan “Do you want to continue? [Y/n]” lalu tekan Y dan Enter untuk melanjutkan.

cara install file .deb lewat terminal

Dengan menekan Y dan Enter, instalasi segera diproses dan memasang semua dependensi yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Untuk menghapus aplikasi menggunakan perintah apt, ketikkan perintah berikut:

sudo apt remove opera-stable

Atau gunakan perintah berikut untuk menghapus Opera beserta konfigurasinya:

sudo apt remove --purge opera-stable

Perintah tersebut akan menghapus paket Opera saja, untuk menghapus dependensi yang sudah tidak dibutuhkan, ketikkan perintah sudo apt autoremove.

2. Install File .deb Menggunakan DPKG

DPKG adalah paket manajer utama pada sistem operasi Debian beserta turunannya, yang digunakan untuk menginstal, menghapus, dan memberikan informasi tentang paket .deb.

Untuk memasang file .deb menggunakan perintah dpkg kita akan menggunakan parameter -i, berikut perintahnya:

sudo dpkg -i ./opera-stable_72.0.3815.148_amd64.deb

Jika terjadi kesalahan seperti missing dependecies, berarti ada dependensi yang perlu ditambahkan. Untuk memasang dependensi dan melanjutkan instalasi, gunakan perintah berikut:

sudo apt install -f

Untuk menghapus aplikasi melalui perintah dpkg, kita akan menggunakan parameter -r. Berikut perintahnya:

sudo dpkg -r opera-stable

3. Install File .deb Menggunakan GDEBI

GDEBI merupakan paket manajer yang berfungsi untuk memasang file .deb secara offline. Berbeda dengan dpkg, gdebi bisa mencarikan dependensi yang dibutuhkan dan memasangnya sebelum melanjutkan instalasi file .deb tersebut.

Namun di beberapa distro Linux turunan Debian, gdebi tidak terpasang secara default di sistem. Jika gdebi belum terpasang di distro yang anda gunakan, silakan instal gdebi dengan perintah:

sudo apt install gdebi

Setelah berhasil memasang gdebi, instal file .deb menggunakan perintah:

sudo gdebi opera-stable_72.0.3815.148_amd64.deb

4. Install File .deb Menggunakan Software Center

Yang terakhir adalah menginstal file .deb menggunakan Software Center yang bisa dilakukan dengan beberapa klik saja.

Pertama-tama cari file .deb yang akan anda instal, lalu double klik file tersebut.

install file .deb lewat software center

Kemudian klik Install.

install file .deb lewat software center

Setelah itu tunggu proses instalasi sampai selesai.

Cara ini cocok bagi anda yang tidak mau repot mengetikkan perintah di terminal Linux.

Demikian tutorial tentang cara install file .deb di Ubuntu via terminal dan Software Center. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, kritik dan saran, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya.