Cara Install Ulang Windows 10 di Laptop dan PC Untuk Pemula

Tutorial cara install ulang Windows 10 ini merupakan salah satu kemampuan yang bisa dikatakan wajib dimiliki oleh pengguna komputer.

Bayangkan saja jika suatu waktu PC atau laptop anda mengalami masalah seperti error, sering crash, lemot, terkena virus atau malware berbahaya, tentu langkah terbaik yang harus anda lakukan adalah dengan menginstall ulang laptop anda.

Jika anda tidak bisa melakukan install ulang, anda bisa membawanya ke tempat service komputer dengan biaya antara 50 ribu sampai dengan 70 ribu untuk sekali install. Cukup mahal memang, tetapi jika anda bisa melakukannya sendiri, tentu akan menghemat pengeluaran.

1. Persiapan Sebelum Menginstall Windows 10

Seperti yang kita ketahui, Windows 10 merupakan sistem operasi windows versi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows 10 hadir dengan tampilan antarmuka pengguna yang modern dan elegan, serta membawa segudang fitur baru yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya.

Dengan segala fitur yang dimilikinya, Windows 10 membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi agar bisa berjalan dengan semestinya, selengkapnya bisa anda lihat di bawah ini.

Spesifikasi minimum untuk menginstall Windows 10:

  • Prosesor: 1 GHz atau lebih tinggi
  • RAM: 1 GB untuk 32-bit dan 2 GB untuk 64-bit
  • Hard drive: 16 GB untuk 32-bit dan 32 GB untuk 64-bit
  • Kartu grafis: DirectX 9 atau lebih tinggi
  • Display: 800×600

Bahan-bahan:

Kita membutuhkan DVD atau flashdisk sebagai media installer-nya. Jika anda sudah memiliki file ISO Windows 10, anda bisa melakukan burning file ISO ke DVD atau membuat bootable di flashdisk jika ingin menginstall Windows 10 pakai flashdisk.

2. Setting BIOS

Setelah media installer berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah mengatur boot priority agar komputer booting ke DVD maupun Flashdisk. Berhubung pada artikel ini saya menggunakan DVD, maka kita akan setting BIOS agar booting pertama kali dilakukan dari DVD.

Caranya restart komputer anda, pada saat booting akan muncul tulisan untuk menekan tombol masuk ke BIOS. Biasanya tombol tersebut adalah Esc, F2, Delete, dan sebagainya. Untuk laptop Asus, HP, Acer, Lenovo, dan merk lainnya memiliki tombol yang berbeda-beda untuk masuk ke BIOS.

Segera tekan tombol tersebut beberapa kali sampai masuk ke BIOS. Setelah masuk, segera masukkan DVD atau flashdisk, lalu beralih ke tab boot seperti gambar di bawah ini.

cara install ulang windows 10

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pengaturan boot priority masih berada pada HDD ST1000LM035-1RK172 (Hard Drive). Maka kita harus menggeser DVDRAM ke posisi paling atas agar booting pertama kali dilakukan pada DVD Room.

Caranya arahkan pilihan ke DVD Room, lalu tekan tombol F5 (geser ke bawah) atau F6 (geser ke atas), sehingga posisi DVD Room berada di paling atas seperti gambar di bawah ini.

setting bios

Kemudian tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan reboot komputer anda.

Biasanya setelah komputer reboot akan muncul pesan seperti “Press any key to boot from CD or DVD…” segera tekan tombol keyboard apapun untuk melanjutkan.

3. Langkah-langkah Install Windows 10

Setelah berhasil booting ke DVD, akan muncul jendela Windows Setup. Untuk bagian bahasa pilih English (United States), waktu dan mata uang pilih Indonesia, dan Keyboard pilih US, lalu klik Next untuk melanjutkan.

memilih bahasa dan zona waktu

Klik Install Now.

menginstall windows 10

Pada jendela Activate Windows anda akan diminta untuk memasukkan Product key (jika ada). Tetapi kalau anda ingin mengaktifkan Windows nanti, klik saja I don’t have a product key.

memasukkan product key

Berikutnya pilih versi Windows 10 yang ingin anda install, lalu klik Next.

memilih versi windows 10

Centang “I accept the license terms” dan klik Next.

Pada type of installation, pilih Custom.

custom installation

Nah, ini merupakan bagian paling penting karena anda harus menentukan lokasi di mana Windows 10 akan di-install. Biasanya Windows di-install pada partisi C, jadi anda harus memastikan bahwa partisi yang anda pilih adalah partisi C dan jangan sampai salah.

Jika anda sudah yakin, klik partisi C tersebut lalu klik Format.

memformat partisi

Setelah partisi berhasil di-format, klik Next untuk melanjutkan ke proses instalasi.

memilih partisi

Silakan tunggu beberapa menit sampai proses instalasi selesai dan komputer akan restart dengan sendirinya.

proses instalasi windows 10

Setelah restart akan muncul beberapa pengaturan desktop yang harus diselesaikan. Pada bagian pemilihan region, pilih Indonesia dan klik Yes.

memilih lokasi

Untuk Keyboard layout pilih US.

mengatur keyboard layout

Jika muncul pertanyaan “Want to add a second keyboard layout?” pilih saja Skip.

Kemudian kita akan disuruh untuk menghubungkan komputer ke internet, klik Skip saja.

Masukkan nama anda, terserah ingin menggunakan nama apa (bisa diganti di lain waktu).

memasukkan nama pengguna

Jika anda ingin menggunakan password untuk keamanan, silakan masukkan password. Tetapi jika anda tidak menginginkannya, kosongkan saja dan klik Next.

memasukkan password

Pada bagian Privacy settings klik Accept.

privacy settings

Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, anda akan diarahkan menuju ke tampilan desktop Windows 10.

cara install ulang windows 10

Sampai di sini tutorial cara install Windows 10 di laptop atau PC sudah selesai dilakukan. Langkah selanjutnya kita menuju ke hal-hal apa saja yang harus dilakukan setelah menginstall Windows 10.

4. Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Install Windows 10

Tidak cukup sampai di sini saja, setelah proses instalasi kita harus melakukan beberapa hal agar windows dapat beroperasi dengan baik. Berikut hal-hal yang wajib kita lakukan setelah install ulang windows 10:

  1. Menginstall dan memperbarui driver.
  2. Menginstall aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna Windows.
  3. Mematikan update otomatis Windows 10 secara permanen (jika anda tidak menginginkan update).

Demikian tutorial tentang cara menginstall windows 10 beserta gambarnya yang bisa anda coba. Jika ada pertanyaan terkait pembahasan di atas, silakan ditulis pada kolom komentar di bawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *