Cara Install dan Menjalankan WhatsApp Desktop di Ubuntu

cara install whatsapp di ubuntu

Cara install WhatsApp di Ubuntu Linux – WhatsApp messenger merupakan aplikasi berkirim pesan instan yang paling populer saat ini. Seiring perkembangan zaman, kini aplikasi WhatsApp memiliki fitur yang lebih dari sekedar chatting. Beberapa di antaranya yaitu panggilan suara, panggilan video, berbagi file, lokasi, update status, dsb.

Sebagai aplikasi multi-platform, WhatsApp tidak hanya tersedia pada perangkat mobile seperti Android dan iOS saja. Seiring perkembangannya, WhatsApp mulai hadir di perangkat komputer desktop yang berbasiskan Windows, Linux dan Mac.

Nah pada artikel kali ini Om Komputer akan membahas tentang bagaimana cara install WhatsApp di Ubuntu Linux. Sebelum kita masuk ke tutorialnya, perlu dicatat bahwa untuk bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Desktop di Ubuntu, anda tetap harus memiliki akun WhatsApp yang aktif di smartphone anda. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa membuat akun baru di WhatsApp Desktop.

Ini artinya WhatsApp Desktop dibuat dengan tujuan mempermudah pengguna untuk berkirim pesan saat sibuk bekerja menggunakan komputer tanpa harus memegang smartphone.

Cara Install WhatsApp di Ubuntu

Bagi anda yang menggunakan Ubuntu 18.04 atau yang lebih tinggi, anda dapat menginstall WhatsApp langsung dari Ubuntu Software. Karena paket WhatsApp Desktop sudah tersedia pada repository resmi Ubuntu. Jadi anda tidak perlu repot mendownload di Github dan menginstall paket .deb secara manual.

Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah cara install WhatsApp di Linux Ubuntu:

  • Pertama sekali buka Ubuntu Software, lalu ketikkan whatsdesk pada kolom pencarian. Kemudian install seperti biasa.
cara install whatsapp di ubuntu 1
  • Setelah diinstall, langsung jalankan aplikasinya.
cara install whatsapp di ubuntu 2
  • Di halaman awal anda akan dihadapkan dengan sebuah barcode yang akan digunakan untuk login dengan smartphone.
cara install whatsapp di ubuntu 3
  • Buka aplikasi WhatsApp di smartphone anda, tekan tombol menu (tiga titik) di pojok kanan atas, lalu pilih WhatsApp Web.
cara install whatsapp di ubuntu 4
  • Kemudian silakan di-scan barcode tersebut dengan cara mengarahkan kamera ke barcode.
  • Jika berhasil, secara otomatis anda akan login di WhatsApp Desktop menggunakan akun yang sama pada smartphone.
cara install whatsapp di ubuntu 5

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp Desktop:

Dengan menginstall WhatsApp desktop di komputer tentu saja kita lebih mudah dalam hal berkirim pesan tanpa harus memegang smartphone. Sehingga kita bebas chatting dengan keluarga, teman, atau pacar sembari bekerja tanpa ketahuan oleh bos.

Namun menurut saya masih ada beberapa kekurangan yang sebaiknya ditambahkan pada WhatsApp desktop, yaitu fitur panggilan suara dan panggilan video. Semoga saja kedepannya pihak pengembang menambahkan fitur tersebut.

Nah itu dia tutorial tentang cara install WhatsApp di Ubuntu yang bisa anda coba. Seperti biasanya, jika ada hal yang ingin anda tanyakan terkait pembahasan ini, jangan sungkan untuk berkomentar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *