Cara Melihat Password Wifi di Windows 7, 8, 10 Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Password Wifi – Di era modern seperti sekarang ini sangat mudah ditemukan tempat-tempat yang menyediakan koneksi internet gratis lewat jaringan Wifi. Baik itu di sekolah, kantor, kampus, cafe, maupun tempat nongkrong lainnya.

Namun pernahkah anda mengalami sesuatu dimana anda lupa dengan password wifi yang pernah terhubung dengan laptop milik anda? Walaupun laptop masih tetap bisa terhubung, namun bagaimana jika anda ingin berbagi password wifi bersama teman-teman, tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu password wifi tersebut.

Tidak sulit untuk melihat kembali password wifi yang tersimpan di komputer atau laptop selama jaringan wifi tersebut belum dihapus. Nah, pada artikel kali ini Om Komputer akan berbagi tutorial bagaimana cara melihat password wifi yang pernah terhubung di Windows tanpa bantuan software apapun.

Perlu untuk diketahui, ini bukanlah trik untuk membobol password wifi. Melainkan untuk sekedar mengetahui kata sandi jaringan wifi yang pernah atau sedang terhubung di komputer.

Oke, tutorial ini akan saya bagi menjadi dua cara. Yang pertama lewat Control Panel, dan yang kedua menggunakan CMD (Command Prompt). Keduanya bisa anda terapkan di Windows 7, 8, dan 10. Baiklah, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini.

Daftar isi:

1. Melihat Password Wifi Lewat Control Panel

Tutorial yang pertama ini bisa anda gunakan jika komputer anda dalam keadaan sedang terhubung dengan jaringan wifi yang ingin anda ketahui passwordnya. Jadi, pastikan dulu komputer atau laptop anda sudah terhubung ke jaringan tersebut ya.

  • Pertama sekali silakan buka Control Panel, anda bisa menggunakan beberapa cara yang berbeda untuk setiap versi windows. Jika di Windows 10, caranya klik Start dan ketikkan “Control Panel”, lalu klik program Control Panel yang muncul di kotak pencarian.
cara melihat password wifi (gambar 1)
  • Selanjutnya masuk ke menu Network and Internet -> Network and Sharing Center, lalu klik nama jaringan wifi yang sedang terkoneksi.
cara melihat password wifi (gambar 2)
  • Maka akan muncul jendela Wi-Fi Status. Kemudian klik tombol Wireless Properties.
cara melihat password wifi (gambar 3)
  • Klik tab Security dan centang pada bagian Show characters. Maka password wifi akan terlihat di dalam kotak pada bagian Network security key.
cara melihat password wifi (gambar 4)

2. Melihat Password Wifi dengan CMD (Command Prompt)

Cara kedua ini bisa anda terapkan jika komputer atau laptop anda sedang tidak terhubung dengan jaringan wifi yang ingin anda ketahui passwordnya. Selama SSID atau nama jaringan belum dihapus dari komputer, anda tetap bisa melihat passwordnya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama sekali buka Command Prompt dengan hak akses Administrator (Admin). Caranya klik Start -> ketikkan Command Prompt -> lalu klik kanan Command Prompt tersebut -> Run as Administrator.
cara melihat password wifi (gambar 5)
  • Kemudian akan muncul jendela Command Prompt (CMD). Langsung saja ketikkan perintah “netsh wlan show profiles” tanpa tanda petik, lalu tekan Enter.
cara melihat password wifi (gambar 6)
  • Lalu akan muncul daftar nama jaringan Wifi yang pernah terhubung ke komputer anda.
cara melihat password wifi (gambar 7)
  • Untuk melihat password wifi yang ingin anda ketahui, ketikkan perintah dengan format netsh wlan show profile name=”nama wifi” key=clear.
  • Sebagai contoh, saya akan melihat password wifi dengan nama SSID “Mi A1”. Jadi perintah yang saya masukkan adalah netsh wlan show profile name=”Mi A1” key=clear, lalu tekan Enter.
  • Maka password wifi akan terlihat pada bagian Key Content yang saya tandai dengan kotak merah seperti gambar berikut.
cara melihat password wifi (gambar 8)

Bagimana sob, mudah sekali bukan? Untuk melihat password wifi yang tersimpan atau pernah terhubung ke laptop tidak harus menggunakan software tambahan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam bidang komputer.

Seperti biasa, jika ada hal yang kurang dimengerti terkait pembahasan ini jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ini ya.

Baca juga: 10 Tips Sehat Saat Duduk dan Bekerja di Depan Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *