Cara Mudah Mematikan Firewall di Windows 10

Halo sobat Om Komputer, pada artikel kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara mematikan Firewall di Windows 10. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, beberapa di antara anda mungkin belum paham apa itu Windows Firewall dan apa saja fungsinya. Untuk itu silakan disimak ulasan di bawah ini ya.

Windows Firewall merupakan bagian dari sistem keamanan jaringan yang terdapat pada sistem operasi komputer Windows. Windows firewall sendiri mulai diterapkan sejak Windows XP dan Windows Server 2003.

Fungsinya yaitu untuk menyaring dan menangkal lalu lintas data yang dianggap berbahaya di dalam suatu jaringan atau internet. Bersamaan dengan fungsinya itu, terkadang firewall juga dapat mengganggu aktifitas kita dengan melakukan blocking terhadap akses lalu lintas yang sebenarnya aman, namun dianggap berbahaya oleh firewall.

Cara Mematikan Firewall di Windows 10

Nah, bagi anda yang ingin menonaktifkan Firewall di Windows 10 untuk keperluan tertentu, anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini. Meskipun saya mempraktekkannya di Windows 10, cara ini tetap bisa dilakukan di Windows 7 dan Windows 8 walaupun ada sedikit perbedaan dari segi tampilan.

A. Cara Pertama:

  • Pertama sekali silakan dibuka pengaturan Windows Defender Firewal melalui Control Panel. Atau anda bisa juga membukanya lewat Run, caranya tekan tombol Windows + R di keyboard, lalu ketikkan firewall.cpl dan tekan Enter.
cara mematikan windows firewall (gambar 1)
  • Kemudian klik menu Turn Windows Defender Firewall on or off.
cara mematikan windows firewall (gambar 2)
  • Selanjutnya pilih Turn off Windows Defender Firewall (not recommended) masing-masing untuk kedua jaringan Private Network dan Public Network seperti gambar berikut, lalu klik tombol Ok.
cara mematikan windows firewall (gambar 3)
  • Sekarang windows firewall telah berhasil dimatikan di komputer anda.

B. Cara Kedua:

  • Buka kembali pengaturan Windows Defender Firewall dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketikkan firewall.cpl dan tekan Enter.
  • Selanjutnya klik menu Advanced Setting.
cara mematikan windows firewall (gambar 4)
  • Klik menu Properties yang ada pada bagian kanan.
cara mematikan windows firewall (gambar 5)
  • Untuk Domain Profile, ubah pengaturannya dari On menjadi Off, lalu klik tombol Apply.
cara mematikan windows firewall (gambar 6)
  • Pada bagian Private Profil, lakukan juga hal yang sama dengan langkah di atas.
cara mematikan windows firewall (gambar 7)
  • Terakhir, ubah juga pengaturannya untuk Public Profile menjadi Off.
cara mematikan windows firewall (gambar 8)

Itulah tutorial lengkap tentang cara mematikan firewall di Windows 10 yang bisa anda coba. Namun perlu diingat, matikanlah windows firewall hanya untuk keperluan tertentu saja. Setelah itu silakan dihidupkan kembali mengingat peran firewall sangat penting demi keamanan komputer kita.

Baca juga: Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *