Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 dengan Rufus

Sebelum menginstall sistem operasi Windows di laptop atau PC, kita membutuhkan sebuah media installer berupa USB Flashdisk maupun DVD. Agar komputer bisa melakukan booting ke media tersebut, kita harus membuatkan bootable-nya.

Nah, pada artikel kali ini Om Komputer akan menjelaskan tutorial tentang cara membuat bootable flashdisk Windows 10. Walaupun di tutorial ini saya menggunakan Windows 10, cara ini juga bisa diterapkan untuk versi lainnya seperti Windows 7 dan Windows 8.x.

Persiapan

Sebelum membuat bootable USB Flashdisk Windows 10, tentu saja yang harus kita persiapkan adalah bahan-bahan dan peralatannya. Adapun bahan-bahan yang harus anda sediakan adalah sebagai berikut:

1. Flashdisk

Karena kita akan membuat bootable Windows 10 menggunakan flashdisk, peralatan utama yang harus kita siapkan adalah USB Flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB.

2. File ISO Windows 10

Untuk file ISO sendiri bisa anda dapatkan dengan cara mendownload langsung dari situs Microsoft maupun situs download lainnya. Silakan disesuaikan dengan arsitektur komputer anda, apakah menggunakan 32-bit atau 64-bit.

3. Rufus

Rufus merupakan salah satu tool yang memudahkan kita untuk membuat bootable windows di flashdisk. Tool ini sangat populer karena memiliki fitur yang lengkap dan kecepatan yang melebihi tool sejenis lainnya.

Selain bootable Windows, Rufus juga bisa membuat bootable untuk OS populer lainnya seperti Linux, Android X86 dan lain-lain. Rufus bisa anda download secara gratis melalui situs resminya di sini.

Nah, setelah semua bahan-bahannya didapatkan, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah membuat bootable flashdisk windows 10 berikut ini.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

1. Pertama sekali tancapkan flashdisk ke komputer.

2. Kemudian jalankan software Rufus yang telah di-download tadi. Klik tombol Select untuk membuka file ISO.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

3. Silakan cari di mana lokasi anda menyimpan file ISO Windows. Jika ketemu, klik file ISO-nya dan klik Open.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

4. Selanjutnya atur settingannya sesuai dengan gambar di bawah ini. Lalu klik Start untuk memulai proses pembuatan bootable.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

5. Jika muncul peringatan seperti gambar di bawah ini, klik Ok. Tunggu prosesnya selama beberapa menit.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

6. Jika sudah siap, akan muncul Status Ready seperti gambar berikut. Ini menandakan bahwa flashdisk anda sudah siap dijadikan sebagai bootable Windows 10.

cara membuat bootable flashdisk windows 10

Demikianlah tutorial tentang cara membuat bootable flashdisk Windows 10 yang bisa anda coba. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis komentar anda di bawah ini ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tutorial berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *