Cara Membuat Partisi Baru di Harddisk Windows 7, 8 dan 10

Membuat partisi baru atau membagi harddisk menjadi beberapa bagian bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. Karena di beberapa versi windows yang ada saat ini terdapat sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk mengkompresi dan membuat partisi baru dengan memanfaatkan partisi yang sudah ada.

Misalnya jika anda ingin membagi partisi D menjadi dua bagian atau lebih, anda tidak perlu khawatir jika semua data yang ada pada partisi D akan terhapus, karena proses pembagian partisi dilakukan dengan cara mengkompresi partisi, bukan di-format.

Baca juga: Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Agar Tidak Lemot

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, mungkin setiap pembaca memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam pembuatan partisi baru tersebut. Ada yang memanfaatkannya untuk penyimpanan data saja, ada pula yang memanfaatkan partisi baru tersebut sebagai tempat instalasi dual boot (dual OS).

Tutorial Membuat Partisi Baru Tanpa Menghapus Data di Harddisk

Di sini saya menggunakan OS Windows 10, jika anda menggunakan Windows 7 atau 8 itu tidak masalah, karena kurang lebih caranya hampir sama. Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama-tama masuk ke menu Computer Management, caranya klik Start Menu -> ketikkan “Computer Management” di kotak pencarian, lalu klik menu tersebut.
cara membuat partisi baru di harddisk tanpa menghapus data
  • Kemudian klik Disk Management.
pilih disk management
  • Di sana akan terlihat daftar partisi yang ada pada komputer. Klik kanan partisi yang ingin anda bagi, lalu klik Shrink Volume.
Shrink Volume
  • Lalu masukkan jumlah kapasitas untuk partisi baru tersebut. Contohnya di sini saya akan membuat partisi baru sebesar 50 GB, jadi angka yang harus dimasukkan adalah 51200 (MB), setelah itu klik Shrink. Selengkapnya silakan lihat gambar di bawah ini.
Ukuran partisi baru
  • Maka akan muncul sebuah partisi baru yang masih berstatus Unallocated. Jika anda ingin memanfaatkan partisi baru tersebut untuk keperluan dual boot, tutorialnya cukup sampai di sini saja. Namun jika partisi tersebut dimanfaatkan untuk media penyimpanan biasa, silakan ikuti tutorial ini sampai selesai.
unallocated
  • Agar partisi Unallocated tersebut bisa digunakan sebagai media penyimpanan, kita harus memformatnya ke file system NTFS terlebih dahulu. Caranya klik kanan partisi tersebut, lalu klik New Simpe Volume.
new simple volume
  • Klik Next.
  • Klik Next lagi.
membagi harddisk
  • Pilih Assign the following drive letter dan pilih path partisi, misalnya F dan sebagainya, lalu klik Next.
membagi hardisk
  • Kemudian sesuaikan pengaturannya seperti gambar di bawah. Untuk Volume label silakan diisi sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu klik Next dan Finish.
  • Terakhir, silakan buka Windows Explorer dan akan terlihat partisi yang baru saja kita buat.
hardisk baru telah dibuat

Sekian dulu tutorial tentang cara membuat partisi baru atau membagi harddisk tanpa menghapus data yang bisa anda coba. Lakukanlah langkah-langkah di atas dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *