Cara Mengatasi Error VCRUNTIME140_1.dll di Windows

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang mengatasi error VCRuntime140_1.dll was not found atau VCRuntime140.dll yang hilang dari sistem Windows. Akibatnya, beberapa program aplikasi tidak bisa dijalankan.

Singkat cerita, sehari sebelum kejadian saya menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan. Namun keesokan harinya, ketika saya ingin membuka aplikasi Adobe Illustrator muncul pesan error yang bunyinya kira-kira seperti ini:

The code execution cannot proceed because VCRUNTIME140_1.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem“.

Atau

This application has failed to start because VCRUNTIME140_1.dll was not found“.

error VCRUNTIME140_1.dll was not found

Saya pun mengira kalau aplikasi Adobe Illustrator diinstall ulang, masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya. Tetapi tetap saja tidak ada perubahan sama sekali.

Penyebab Error VCRUNTIME140_1.dll was not found

Setelah browsing sana sini, akhirnya saya menemukan penyebab munculnya pesan error tersebut. Ternyata file VCRuntime140_1.dll di komputer saya ikut terhapus pada saat meng-uninstall beberapa aplikasi lain.

Setelah saya telusuri ternyata memang benar, file vcruntime140_1.dll yang seharusnya berada di direktori C:\Windows\SysWOW64 sudah terhapus.

File VCRuntime140_1.dll sendiri merupakan sebuah ekstensi dari program Microsoft C Runtime Library yang terletak di C:\Windows\SysWOW64. File dengan format .dll ini dibutuhkan oleh beberapa game atau aplikasi seperti Adobe Illustrator, Photoshop, CorelDraw dan lain-lain.

Jika kita melakukan instal ulang aplikasi atau game yang bersangkutan, masalah mungkin tidak teratasi karena paket instalasi untuk beberapa aplikasi tidak menyertakan file vcruntime140_1.dll di dalamnya. Solusinya adalah mengembalikan file .dll tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Mengembalikan File VCRuntime140.dll atau VCRuntime140_1.dll yang Hilang

Tutorial ini berhasil saya praktekkan di Windows 10, namun bisa juga anda terapkan di Windows 7 atau Windows 8, baik itu 32-bit maupun 64-bit. Berikut cara memperbaiki error vcruntime140_1.dll was not found:

Cara 1: Download File vcruntime140_1.dll dan Copy ke Direktori Windows

  • Setelah didownload, ekstrak file tersebut menggunakan software WinRAR atau 7zip dengan cara klik kanan > Extract Here.
ekstrak file vcruntime140-1.dll
  • Kemudian Copy file vcruntime140_1.dll ke direktori C: > Windows > SysWOW64 (jika anda menggunakan Windows 64-bit) atau C: > Windows > System32 (jika anda menggunakan Windows 32-bit).
menyalin file vcruntime140_1.dll
  • Setelah di-copy, restart komputer anda dan coba jalankan aplikasinya.

Sampai di sini seharusnya anda sudah bisa menjalankan aplikasi dengan normal. Namun jika cara ini tidak berhasil, kita lanjut ke cara yang kedua, yakni melakukan instal ulang paket Microsoft Visual C++ Redistributable.

Cara 2: Install Ulang Paket Microsoft Visual C++ Redistributable

  • Sesuaikan dengan arsitektur Windows anda, vc_redist.x86.exe (untuk 32-bit) atau vc_redist.x64.exe (untuk 64-bit).
mengunduh Microsoft Visual C++ Redistributable
  • Setelah didownload, install seperti biasa.
install Microsoft Visual C++ Redistributable
  • Kemudian restart komputer anda.
  • Sampai di sini seharusnya anda sudah bisa menjalankan aplikasi seperti biasanya.

Sekian dulu tutorial tentang cara mengatasi error vcruntime140_1.dll atau vcruntime140.dll yang bisa anda coba di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Jika ada pertanyaan, tulis di kolom komentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat.