Cara Mengecilkan Ukuran Video di PC Tanpa Mengurangi Kualitas

cara mengecilkan ukuran video

Memperkecil ukuran video atau yang dikenal dengan istilah kompres video merupakan sebuah pekerjaan yang perlu dilakukan setelah proses editing. Seperti yang kita ketahui bersama, video merupakan jenis file multimedia yang memiliki ukuran terbesar ketimbang file jenis lainnya.

Bagi seorang Youtuber maupun Vlogger, mengecilkan ukuran video sebelum menguploadnya ke Youtube sangat penting sekali dilakukan. Bayangkan saja jika kita mengupload video dengan ukuran file yang bergiga-giga. Bukan hanya boros kuota, kita tentu akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal tersebut.

Nah untuk bisa mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya, tentunya yang kita butuhkan adalah software khusus untuk mengkompres video. Di luar sana ada banyak sekali software yang bisa kita gunakan. Salah satunya yang terbaik menurut saya yaitu HandBrake.

HandBrake adalah software open source yang berfungsi untuk mengkonversi video yang mendukung hampir semua format yang ada saat ini. Dengan fiturnya yang lengkap, pengguna bebas mengatur encoder, frame rate, bitrate, resolusi, dan bagian lainnya yang mempengaruhi ukuran suatu video.

Fitur HandBrake:

  • Subtitle (SRT, SSA, Closed Captions CEA-608, VobSub)
  • Merubah resolusi dan aspek ratio
  • Mengatur kualitas konstan atau rata-rata bitrate video encoding
  • Filter video: Denoise, Decomb, Deinterlacing, Detelecine, Deblock, Grayscale, Cropping dan scalling)
  • Mendukung file output modern seperti .MP4 (.M4V) dan .MKV
  • Tersedia beragam video Encoders: H.265 (x265 dan QuickSync), H.264 (x264 dan QuickSync), H.265 MPEG-4 dan MPEG-2, VP8, VP9, ​​dan Theora
  • Dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Sebagai software open source, HandBrake bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja. Selain itu, HandBrake juga termasuk software multi-platform, artinya software ini tersedia pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac.

Nah setelah kita memahami tentang apa itu HandBrake dan apa saja kelebihan yang ditawarkannya, kini saatnya kita menuju ke tutorial tentang cara memperkecil ukuran video di PC. Di sini saya akan mencoba merubah ukuran video dengan detail berikut ini:

  • Jenis file: MP4
  • Resolusi: full HD (1920×1080)
  • Framerate: 30fps
  • Ukuran: 472 MB

Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

1. Pertama sekali silakan download aplikasi HandBrake lewat situs resminya di sini. Pilih sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan, lalu install seperti biasa.

2. Buka aplikasinya dan klik tombol Open Source untuk menambahkan file video yang ingin anda ubah ukurannya.

cara mengecilkan ukuran video 1

3. Cari lokasi di mana anda menyimpan videonya dan klik tombol Open untuk mengimpor video.

cara mengecilkan ukuran video 2

4. Selanjutnya kita masuk ke bagian paling penting dan menjadi penentu besar atau kecilnya ukuran video setelah dikonversi. Pada tab Video, atur Video Encoder ke H.264 (x264). Framerate menyesuaikan video aslinya. Selebihnya sesuaikan dengan gambar di bawah ini.

cara mengecilkan ukuran video 3

5. Pada tab Dimensions kita bisa mengubah resolusi, cropping, dan aspect ratio. Agar kualitasnya tidak berubah, saya sarankan untuk tidak mengubah settingan ini kecuali dengan alasan tertentu.

cara mengecilkan ukuran video 4

6. Beralih ke tab Summary, jika video tersebut untuk keperluan web atau untuk di-uload ke Youtube, sebaiknya centang pada bagian Web Optimized. Di bagian bawah kita harus mengatur lokasi di mana hasil video akan disimpan dan tuliskan nama filenya. Setelah semuanya beres, klik tombol Start untuk memulai proses encoding.

cara mengecilkan ukuran video 5

7. Setelah proses encoding selesai, tutup aplikasinya dan lihatlah perubahan ukurannya.

cara mengecilkan ukuran video 5

Seperti yang tertera pada gambar di atas, ukuran video berubah dari 472 MB menjadi 124 MB (lebih dari setengahnya) dengan kualitas yang tidak berubah. Bagaimana, perubahan ukuran videonya sangat signifikan bukan?

Baca juga: Cara Menggabungkan 2 atau Lebih Video Menjadi 1 di PC

Demikianlah tutorial tentang cara mengecilkan ukuran video di PC tanpa mengurangi kualitasnya yang bisa anda coba. Jika ada hal-hal yang kurang dimengerti, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ini ya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *