Cara Mudah Menggabungkan Beberapa Video Menjadi Satu di PC

Menggabungkan beberapa video menjadi satu merupakan teknik dasar dalam dunia editing video. Hal ini sangat penting untuk dikuasai bagi anda yang ingin membuat film, vlog, maupun dokumentasi lainnya yang berupa video.

Untuk melakukan hal ini tentu saja yang kita butuhkan adalah software untuk mengedit video itu sendiri. Salah satunya yang populer saat ini adalah Adobe Premiere Pro. Namun software ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang profesional di bidangnya.

Selain itu, tersedia pula beberapa software gratis dan mudah digunakan bagi pemula, di antaranya yaitu: Lightworks, OpenShot, dll.

Tutorial Menggabungkan Beberapa Video Menjadi Satu Untuk Pemula

Nah, jika anda ingin sekedar menggabungkan beberapa video saja, anda cukup menggunakan software yang bernama OpenShot. Karena menurut saya software ini sangat simple dan cocok untuk pemula. Selain itu, software ini juga bisa dinikmati secara gratis oleh siapa saja. Soal kualitas juga tidak kalah dengan software edit video profesional lainnya.

Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah menggabungkan video di bawah ini:

1. Download aplikasi OpenShot di situs resminya https://www.openshot.org/download/ lalu pilih software yang sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Sistem operasi yang didukung antara lain: Windows, Linux, dan MacOS.

2. Jika software-nya sudah terinstall di komputer anda, langsung saja dibuka.

3. Pertama sekali kita harus meng-import beberapa file video yang akan digabungkan. Caranya pada bagian Project Files, klik kanan pada area yang kosong, lalu klik Import Files.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu

4. Lalu akan muncul sebuah jendela, silakan cari di mana anda menaruh file video yang akan digabungkan tersebut. Setelah ketemu, klik nama file-nya dan klik tombol Open.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 1

5. Nah, sekarang kita sudah berhasil meng-import tiga buah file video, yaitu video 1, video 2, dan video 3.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 2

6. Selanjutnya sediakanlah satu buah track saja, track ini berfungsi untuk menampung file-file video. Dalam contoh ini saya menggunakan Track 0, jika terdapat lebih dari 1 track, silakan dihapus.

7. Klik dan tahan pada video 1, lalu tarik video tersebut ke Track 0. Usahakan posisinya berada pada detik 0 atau sebelah kiri.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 3

8. Lakukan hal yang sama untuk video 2 dan video 3 secara berurutan. Sehingga posisinya kurang lebih seperti ini.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 4

9. Jika semua video sudah disusun pada sebuah track, kamu bisa melihat preview atau hasil video sementara sebelum melakukan export (menghasilkan video baru).

10. Jika susunannya dirasa sudah benar, kini saatnya kita melakukan Export Video. Caranya klik tombol bulat warna mera pada bagian menu atas.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 5

11. Lalu akan muncul sebuah jendela dimana kita bisa mengatur lokasi file, nama file, resolusi video, format video, kualitas, dll. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan anda. Terakhir, klik tombol Export Video dan tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran file dan spesifikasi komputer yang anda gunakan.

cara menggabungkan beberapa video menjadi satu 6

Lihat juga: Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Nah, itu dia tutorial tentang cara menggabungkan beberapa video menjadi satu di komputer PC atau laptop. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, kritik, serta saran untuk admin, silakan tulis pada bagian komentar di bawah ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *