Cara Ampuh Menghapus Malware di Windows dengan Malwarebytes

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tutorial bagaimana cara menghapus malware di Windows sampai benar-benar bersih menggunakan aplikasi Malwarebytes. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu malware.

Apa itu Malware?

Malware atau “perangkat lunak berbahaya” adalah istilah umum atau sebutan untuk sebuah program jahat yang dapat membahayakan sistem. Malware melakukan serangannya dengan cara menyusup ke dalam sistem lalu merusak dan mengontrol kerja perangkat komputer, jaringan, smartphone, dan perangkat lainnya.

Biasanya komputer yang terinfeksi malware akan mengalami perubahan perilaku, contohnya antara lain: muncul iklan dimana-mana, komputer terasa lambat, adanya program/aplikasi tidak dikenal, kapasitas harddisk tiba-tiba berkurang, terdapat ekstensi mencurigakan di web browser, dan lain-lain.

Seberapa bahaya malware itu? untuk mengetahui bahaya atau dampak buruk sebuah malware tergantung pada jenis malware itu sendiri. Ada jenis malware yang dapat merusak sistem komputer, mencuri data pribadi, ada juga malware yang bisa mengunci semua data pemilik komputer dan si pembuat malware akan meminta sejumlah uang tebusan kepada korban agar data tersebut kembali, malware jenis ini dinamakan Ransomware.

Bagaimana Malware Dapat Masuk ke Sistem Komputer?

Malware menyusup ke komputer korbannya dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya yaitu lewat software-software bajakan atau software yang didownload di luar situs resminya, situs-situs yang terinfeksi malware, iklan yang menjebak, dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan, hampir 100% malware masuk ke komputer melalui jaringan internet.

Nah, jika komputer anda sudah terinfeksi oleh malware, anda tidak perlu khawatir. Karena malware dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan software yang bernama Malwarebytes. Bagaimana caranya? silakan disimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghapus Malware di Komputer dengan Malwarebytes

  • Pertama sekali download aplikasi Malwarebytes langsung di situs resminya di sini, lalu install seperti biasa. Untuk sekedar membersihkan malware saja, saya rasa versi gratisnya sudah lebih dari cukup.
  • Setelah diinstall, langsung jalankan aplikasinya. Kemudian klik tombol Scan Now untuk melakukan proses scanning. Disarankan agar komputer anda terhubung ke internet supaya Malwarebytes secara otomatis memperbarui database ke versi terbaru.
cara menghapus malware di windows
  • Setelah proses scan selesai, di sana akan terlihat semua file yang diduga sebagai malware. Silakan dicek satu per satu, jika file tersebut mencurigakan segera tandai dan klik tombol Quarantine Selected. Maka malware tersebut akan dihapus dan diamankan di karantina.
membersihkan malware komputer
  • Kemudian komputer akan diminta untuk restart agar malware tersebut benar-benar terhapus, langsung saja klik tombol Yes.
malwarebytes
  • Setelah komputer menyala kembali, anda dapat melihat daftar malware yang telah terhapus di menu Quarantine. Sebenarnya malware tersebut hanya dinonaktifkan saja dari sistem dan diamankan di karantina. Pada menu ini anda dapat menghapusnya secara permanen atau bisa juga mengembalikan file tersebut seperti semula.
daftar malware dihapus

Baca juga: Cara Membersihkan Sampah di Komputer Agar Tidak Lemot

Demikian tutorial tentang cara membersihkan malware di windows dengan Malwarebytes. Jika ada hal-hal yang ingin anda tanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tuliskan komentar anda di bawah ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *