2 Cara Menjalankan Aplikasi dan Game Android di Laptop atau PC

menjalankan aplikasi android di laptop

Menjalankan aplikasi android di laptop atau PC merupakan salah satu alternatif bagi anda yang sedang mengalami masalah pada smartphone-nya, entah itu karena rusak atau masalah lainnya.

Bukan hanya aplikasi android, anda juga bisa memainkan game android di PC dengan ukuran layar yang lebih luas tentunya. Bahkan anda juga merasakan serunya bermain game android menggunakan mouse dan keyboard layaknya game PC.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk menjalankan aplikasi ber-ekstensi APK di komputer. Cara yang pertama yaitu menggunakan emulator android, dan cara yang kedua menggunakan Phoenix OS.

Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana cara menjalankan aplikasi android di PC menggunakan Emulator Android dan Phoenix OS, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menjalankan Aplikasi dan Game Android di PC

1. Cara Pertama: Menggunakan Emulator Android

emulator memu play

Secara sederhana, Emulator Android adalah sebuah program (software) yang berfungsi untuk menjalankan sistem operasi android di dalam lingkungan Windows dan Mac. Dengan emulator android kita bisa melakukan banyak hal, seperti browsing, streaming video, chatting, video call, dll layaknya sebuah smartphone.

Saat ini sudah banyak emulator android yang bisa kita jumpai, beberapa di antaranya yang populer yaitu MEmu Play, Nox App Player, BlueStacks, dan masih banyak lagi. Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing emulator.

Namun pada tutorial kali ini saya akan menggunakan emulator MEmu Play. Selain lebih ringan, emulator ini juga dilengkapi dengan fitur yang cukup banyak. Oke langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama download dulu emulator MEmu Play di PC Windows anda. Kemudian install seperti biasa.
  • Selesai diinstall, jalankan emulatornya.
  • Setelah terbuka, tahap berikutnya yaitu menginstall aplikasi atau game yang diinginkan melalui Google Play Store.
  • Sama seperti ponsel android, anda diharuskan untuk login terlebih dahulu menggunakan akun Google untuk bisa menggunakan Play Store.
  • Berikut tampilan game android yang dijalankan dengan emulator MEmu Play.
memainkan game android di memu play

Tips:

Jika anda ingin memainkan game android, anda harus melakukan setting keyboard dan mouse, proses pengaturan ini dikenal dengan keymapping. Menu keymapping bisa anda temukan melalui tombol seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut.

setting keymapping

Silakan diatur tata letak keyboard dan fungsi mouse sesuai dengan game yang anda mainkan.

setting keymapping

2. Cara Kedua: Menggunakan Phoenix OS

Phoenix OS

Jika emulator android merupakan sebuah program (aplikasi) yang berjalan di Windows, Phoenix OS bukanlah aplikasi, melainkan sebuah sistem operasi komputer.

Phoenix OS adalah sistem operasi komputer berbasiskan Android-x86 project yang dikembangkan dan dioptimalkan untuk keperluan gaming. Phoenix OS menawarkan pengalaman bermain game android di perangkat PC dengan ukuran layar yang lebih luas, serta kontrol yang lebih optimal.

Sejak artikel ini ditulis, Phoenix OS sudah mencapai versi 3.5.0 dan berjalan di Android 7.1 Nougat. Hingga saat ini Phoenix OS dapat menjalankan hampir seluruh aplikasi dan game android yang ada di Play Store.

Untuk menginstall Phoenix OS saya sarankan menggunakan metode dual boot, yaitu menginstall dua sistem operasi pada satu komputer. Jadi, anda bisa menggunakan Windows dan Phoenix OS secara bergantian.

Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama kita harus menginstall Phoenix OS terlebih dahulu. Karena tutorialnya cukup panjang, saya akan membuatkan artikelnya secara terpisah. Silakan baca: cara install Phoenix OS dual boot dengan windows 7, 8.x dan 10.
  • Setelah berhasil menginstall Phoenix OS, langkah selanjutnya yaitu menginstall aplikasi dan game android. Anda bisa langsung mendownloadnya di Play Store maupun file APK dari sumber lain.
  • Sebelum menjalankan game android, anda harus menambahkan game-nya ke dalam aplikasi Octopus terlebih dahulu. Tujuannya yaitu agar game-nya bisa dikendalikan dengan keyboard, mouse, dan gamepad.
  • Caranya klik menu Start -> Game Helper (Octopus).
Octopus
  • Kemudian tambahkan game yang akan anda mainkan, lalu klik Open untuk menjalankan.
Octopus
  • Setelah masuk ke permainan, silakan atur keymapping lewat menu Octopus pada bagian atas game.
mengatur mouse dan keyboard
  • Anda bebas melakukan keymapping sesuai dengan game yang anda mainkan.
mengatur mouse dan keyboard

Pilih Emulator Android atau Phoenix OS?

Sebelum kita memutuskan apakah akan menggunakan emulator android atau Phoenix OS, ada baiknya kita pahami dulu masing-masing perbedaan serta kelebihan dan kekurangannya.

Emulator Android:

  • Kelebihan: Sangat mudah dalam melakukan instalasi, serta bisa digunakan bersamaan dengan aplikasi Windows lainnya.
  • Kekurangan: Terasa sangat berat dan sering lag saat bermain game jika dijalankan pada komputer spesifikasi rendah. Hal ini disebabkan karena emulator android dan Windows harus berbagi RAM dan CPU.

Phoenix OS:

  • Kelebihan: Performanya sangat mumpuni dalam menjalankan aplikasi dan game android. Hal ini disebabkan oleh penggunaan RAM dan CPU sepenuhnya hanya gunakan oleh Phoenix OS saja.
  • Kekurangan: Silakan dinilai sendiri ya, karena sejauh ini saya belum menemukan kekurangan dari Phoenix OS ini.

Nah, itu dia tutorial tentang cara menjalankan aplikasi dan game android di PC yang bisa anda coba. Jika anda ingin menjalankan aplikasi android sembari bekerja dengan aplikasi Windows, anda cukup menginstall Emulator Android.

Tetapi jika anda seorang gamer yang menginginkan pengalaman lebih berupa layar yang luas dan kontrol yang mudah, Phoenix OS adalah pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *