Cara Menyimpan Halaman Web ke PDF Tanpa Software (HTML to PDF)

menyimpan halaman web ke pdf

Bagaimana cara merubah atau menyimpan halaman web ke PDF? mungkin itu pertanyaan yang muncul di benak anda pada saat mencari informasi di website dan menyimpannya agar dapat dibaca di lain waktu tanpa memerlukan koneksi internet.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan halaman web menjadi file berekstensi PDF. Mulai dari bantuan website untuk convert HTML ke PDF, menggunakan software, Add-ons atau Extensions, maupun tanpa software.

Namun cara yang paling simple dan mudah menurut saya yaitu tanpa software tambahan, yakni langsung di Google Chrome. Ini merupakan salah satu fitur Chrome yang sangat berguna, terutama bagi anda yang sering browsing untuk mencari informasi, tugas sekolah, maupun tugas kuliah.

Oke, tanpa panjang lebar langsung saja kita menuju ke langkah-langkah menyimpan halaman web ke PDF berikut ini. Cara ini bisa anda terapkan di browser Google Chrome untuk Windows, Linux, maupun MacOS.

Langkah-langkah Menyimpan Halaman Web ke PDF

  • Pertama sekali pastikan browser Google Chrome sudah terinstall di komputer anda. Jika belum, silakan download di sini.
  • Buka Google Chrome, lalu kunjungi halaman website yang ingin anda simpan.
  • Setelah itu klik kanan di halaman web tersebut, lalu klik Print. Cara lain juga bisa dilakukan dengan menekan shortcut Ctrl+P.
menyimpan halaman web ke pdf
  • Kemudian akan muncul sebuah jendela Print lengkap dengan Preview-nya. Di sini anda bisa melakukan settingan seperti ukuran kertas, layout, dan sebagainya.
web to pdf
  • Pada bagian Destination ubah ke Save as PDF, lalu klik tombol Save.
klik tombol save
  • Pilih lokasi di mana anda akan menyimpan file PDF tersebut, anda juga bisa mengubah nama file sebelum menyimpannya. Setelah itu klik Save untuk menyimpan.
memilih lokasi penyimpanan
  • Berikut hasilnya.
hasil
  • Sekarang anda sudah berhasil menyimpan halaman web ke PDF langsung di Google Chrome.

Nah, itu dia tutorial tentang cara convert HTML ke PDF tanpa software yang bisa anda coba. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait pembahasan ini, silakan tulis komentar anda pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *