2 Cara Remote Desktop Windows Jarak Jauh Tanpa Software

Pada artikel kali ini Om Komputer akan menjelaskan tutorial yang sangat berguna bagi teman-teman dalam pekerjaan sehari-hari, yakni cara remote desktop windows tanpa menggunakan aplikasi atau software pihak ke-tiga.

Loading...

Bagi anda yang terbiasa berkecimpung di dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah remote komputer, yakni mengontrol atau megendalikan komputer jarak jauh baik itu server maupun komputer desktop tanpa harus berhadapan secara langsung.

Apa itu Remote Desktop?

Remote Desktop adalah sebuah fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows yang memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan komputer lain jarak jauh melalui jaringan komputer. Remote Desktop menggunakan protokol RDP (Remote Desktop Protocol), yang secara default berjalan di TCP port 3389.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu bersentuhan secara langsung dengan komputer bersangkutan yang mungkin jaraknya sangat jauh.

Misalnya, teman kantor anda membutuhkan bantuan di saat komputernya bermasalah, sedangkan anda berada pada ruangan yang berbeda, namun terkoneksi pada jaringan yang sama. Bahkan anda bisa mengendalikan komputer teman anda yang berbeda negara, asalkan kedua komputer terkoneksi dengan jaringan internet.

Cara Remote Desktop Windows Tanpa Software

Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan dua fitur bawaan yang terdapat pada Windows 7, 8.x, dan 10, yakni Remote Desktop Connection dan Windows Remote Assistance yang mana keduanya memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Nah, pada praktek kali ini kebetulan saya menggunakan dua buah komputer dengan versi Windows yang berbeda, yaitu komputer A (Windows 10) sebagai pengendali dan komputer B (Windows 7) sebagai komputer yang akan saya kendalikan.

Loading...

Oke, langsung saja kita menuju ke langkah-langkah cara remote desktop windows tanpa software berikut ini:

1. Menggunakan Remote Desktop Connection

  • Pertama-tama, pada komputer B kita setting dulu pengaturan remote agar bisa diakses oleh komputer lain.
  • Caranya masuk ke Control Panel -> System and Security -> System, lalu klik Remote settings.
remote settings
Komputer B
  • Pilih “Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication (more secure)“, lalu klik tombol Apply dan Ok.
remote settings
Komputer B
  • Jika komputer yang akan anda kendalikan tersebut menggunakan Windows 10, pengaturannya seperti gambar di bawah ini.
remote settings
Jika menggunakan Windows 10
  • Setelah memberi izin pada komputer B, saatnya kita beralih ke komputer A. Klik Start menu, cari program yang bernama Remote Desktop Connections dan jalankan program tersebut.
membuka remote desktop connection
Komputer A
  • Masukkan alamat IP komputer B pada kotak yang disediakan, lalu klik Connect. Alamat IP bisa dilihat dengan cara mengetikkan perintah ipconfig pada command prompt (cmd).
memasukkan alamat ip komputer B
Komputer A
  • Selanjutnya masukkan username dan password komputer B, lalu klik Ok. Anda bisa menanyakan username dan password komputer teman anda yang akan dikendalikan tersebut. Jika user tidak menggunakan password, silakan dibuat dulu password user-nya karena kolom password tidak boleh kosong.
memasukkan username dan password komputer B
Komputer A
  • Jika muncul peringatan sertifikat keamanan seperti gambar di bawah ini, klik saja tombol Yes.
sertifikat keamanan
Komputer A
  • Komputer B berhasil dikendalikan melalui komputer A, dan komputer B akan ter-logout secara otomatis.
remote desktop berhasil
Komputer A

Sampai di sini kita sudah berhasil me-remote komputer B menggunakan fitur Remote Desktop Connections. Namun fitur ini memiliki kekurangan dimana pada saat proses remote sedang berlangsung, komputer B akan ter-logout otomatis dan teman anda tidak dapat melihat apa saja yang anda lakukan.

Selain itu, fitur ini hanya bekerja pada jaringan lokal seperti LAN atau WLAN, sehingga anda hanya bisa me-remote komputer yang berada pada jaringan yang sama.

Bagaimana jika komputer teman anda berada pada jarak yang sangat jauh, misalnya beda kota atau beda negara? anda bisa menggunakan cara yang ke-dua dengan syarat komputer A dan B harus terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil.

2. Menggunakan Windows Remote Assistance

  • Pertama-tama kita beralih ke komputer B, klik Start menu dan cari program yang bernama Windows Remote Assistance.
membuka windows remote assistance
Komputer B
  • Lalu pilih Invite someone you trust to help you.
invite someone
Komputer B
  • Pilih metode Save this invitation as a file, ini akan membuat semacam file Invitation yang akan digunakan oleh komputer A.
membuat file invitation
Komputer B
  • Simpan file Invitation tersebut pada direktori yang mudah diingat.
menyimpan file invitation
Komputer B
  • Setelah membuat file Invitation, akan muncul sebuah password berupa kode unik yang akan digunakan oleh komputer A.
password remote
Komputer B
  • Mintalah file Invitation dan password tersebut ke teman anda yang bisa dikirim lewat e-mail atau aplikasi messenger seperti WhatsApp.
  • Setelah anda mendapatkan file Invitation dan password-nya, pada komputer A buka program Windows Remote Assistance.
membuka program windows remote assistance
Komputer A
  • Kemudian pilih Help someone who has invited you.
help someone
Komputer A
  • Pilih Use an invitation file, cari file Invitation yang telah dikirimkan oleh teman anda dan klik Open.
membuka file invitation
Komputer A
  • Selanjutnya masukkan password yang dikirim oleh teman anda, lalu klik Ok.
memasukkan password remote
Komputer A
  • Setelah menginput password, teman anda harus mengizinkan akses dengan menekan tombol Yes.
memberikan akses remote
Komputer B
  • Sampai di sini seharusnya tampilan desktop komputer B sudah tampil di layar komputer A, namun sekedar melihat tampilan realtime-nya saja.
  • Agar anda bisa mengendalikan komputer B, klik Request control, dan teman anda harus memberikan akses kontrol dengan cara klik Yes.
meminta akses kontrol
Komputer A
  • Sekarang komputer B sudah bisa dikendalikan secara penuh oleh komputer A.
remote desktop berhasil
Komputer A

Oh ya, kelebihan menggunakan cara ini adalah selama proses remote berlangsung, teman anda bisa melihat apa saja yang anda kerjakan. Selain itu anda juga bisa berkomunikasi dengan teman menggunakan fitur chat yang disediakan.

Loading...

Nah, itu dia tutorial lengkap tentang cara remote desktop windows tanpa harus menginstal software pihak ke-tiga yang bisa anda coba. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan terkait pembahasan di atas, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya.

Loading...