5 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Untuk Pemula

Halo semuanya, bertemu lagi dengan Om Komputer dan pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial yang wajib dikuasai oleh pengguna komputer, terutama bagi anda yang baru belajar menggunakannya, yaitu tutorial cara uninstall aplikasi di Windows 10.

Sebagai pengguna komputer kita perlu menghapus program atau aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Ini tentu saja bertujuan untuk menghemat space harddisk maupun mengurangi konsumsi RAM agar komputer atau laptop tidak lemot.

Ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk menghapus aplikasi di Windows 10. Mulai dari cara yang mudah dan simple, sampai dengan cara yang lebih rumit. Namun tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode tersebut. Untuk itu langsung saja disimak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Daftar isi:

  1. Melalui Start Menu
  2. Melalui Setting
  3. Melalui Control Panel
  4. Melalui Direktori Aplikasi
  5. Menggunakan Aplikasi Pihak ke-3

Tutorial Uninstall Aplikasi di Windows 10

1. Melalui Start Menu

Cara yang pertama ini dinilai paling mudah dan cepat, cukup dengan bebeberapa sentuhan saja aplikasi tersebut sudah berhasil di-uninstall.

Caranya klik tombol Start (logo Windows di pojok kiri bawah), lalu cari nama aplikasi/program yang ingin anda uninstall.

Jika ketemu langsung saja klik kanan aplikasi tersebut, lalu klik tombol Uninstall.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 1)

Hanya dengan beberapa langkah mudah, anda sudah berhasil menghapus software yang diinginkan.

2. Melalui Setting

Untuk membuka menu Setting, caranya klik tombol Start -> klik menu Setting (ikon roda gigi), kemudian akan muncul sebuah jendela.

Selanjutnya klik Apps & features, lalu cari nama aplikasi yang ingin anda hapus. Jika ketemu klik kanan aplikasi tersebut dan klik tombol Uninstall.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 2)

Memang sedikit rumit bila dibandingkan dengan cara yang pertama.

3. Melalui Control Panel

Bagi anda yang pernah menggunakan Windows 7 atau XP, mungkin cara ini pernah anda lakukan untuk menghapus program aplikasi. Karena umumnya melalui Control Panel inilah pengguna bisa menghapus atau melakukan uninstall software.

Pertama sekali buka menu Control Panel, anda bisa membukanya dengan beberapa cara. Salah salah satunya dengan mengklik tombol Start, lalu ketikkan “Control Panel”. Kemudian klik menu Control Panel.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 3)

Selanjutnya masuk ke menu Programs -> Program and Features. Di sana anda dapat melihat daftar program aplikasi atau software lainnya yang terinstall di komputer.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 4)

Untuk menghapusnya, klik kanan nama aplikasi dan klik Uninstall.

4. Melalui Direktori Aplikasi

Setiap menginstall aplikasi, komputer akan membuat sebuah direktori atau folder baru untuk meletakkan file-file dari aplikasi itu sendiri. Biasanya folder tersebut akan dibuat di drive C -> Program Files untuk 64 bit atau drive C -> Program Files (x86) untuk 32 bit.

Caranya masuk ke Drive C -> Program Files -> Nama aplikasi. Di dalam direktori tersebut biasanya terdapat sebuah file yang bernama Uninstall.exe.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 5)

Klik dua kali file tersebut dan ikutilah tahap-tahap uninstall aplikasi. Biasanya setiap aplikasi memiliki tahapan yang berbeda-beda.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak ke-3

Yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3, beberapa yang terbaik di antaranya yaitu Revo Uninstaller, iObit Uninstaller, CCleaner dan masih banyak lagi.

Dalam tutorial ini saya akan menggunakan Revo Uninstaller, alasannya adalah selain interface yang sederhana dan mudah dikenali, aplikasi ini juga memiliki banyak sekali fitur canggih.

Salah satu yang saya suka adalah kemampuannya untuk menghapus aplikasi sampai ke akar-akarnya. Mulai dari folder sisa aplikasi, data aplikasi, sampai dengan registry bisa dibersihkan dengan mudah. File sampah sisa uninstall aplikasi harus dibersihkan agar tidak menumpuk dan menghabiskan space hardisk.

Pertama sekali download aplikasi Revo Uninstaller langsung dari situs resminya. Untuk sekedar melakukan uninstall aplikasi kita cukup memilih yang versi gratis saja.

Setelah didownload langsung install seperti biasa, kemudian jalankan programnya. Cari nama aplikasi yang akan di-uninstall. Klik apliaksi tersebut dan klik tombol Uninstall.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 6)

Kemudian akan muncul jendela Uninstaller dan ikuti tahapannya seperti biasa.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 7)

Setelah program berhasil di-uninstall, akan muncul jendela yang berfungsi untuk men-scan sisa file, folder, maupun registry yang belum terhapus. Silakan pilih Advanced dan klik tombol Scan.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 8)

Jika file sisa Registry ditemukan, klik tombol Select All dan lalu klik Delete, kemudian Next.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 9)

Selanjutnya hapus juga semua folder sisa dengan cara klik Select All -> Delete. Terakhir klik tombol Finish dan komputer telah bersih dari segala file sisa aplikasi.

cara uninstall aplikasi di windows 10 (gambar 10)

Itulah 5 cara uninstall aplikasi di Windows 10 yang bisa anda coba. Ternyata setelah melakukan uninstall aplikasi, komputer kita belum benar-benar menghapus data aplikasi tersebut sepenuhnya. Untuk itu kita perlu menghapus file sampah agar tidak menumpuk.

Nah, bagi anda yang ingin menghapus aplikasi sampai benar-benar bersih tanpa bantuan aplikasi pihak ke-3, anda bisa membaca artikel cara uninstall aplikasi sampai ke akarnya tanpa software.

Sekian dulu tutorial dari saya dan jangan lupa untuk memberikan saran, masukan, maupun pertanyaan lewat kolom komentar di bawah ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *