Cara Uninstall Program di PC Windows Tanpa Software + Hapus Registry

cara uninstall program di pc windows tanpa software

Kegiatan install dan uninstall software di komputer Windows memang sudah lumrah di kalangan pengguna komputer atau laptop. Terlebih lagi dengan banyaknya program aplikasi yang compatible dengan OS Windows. Membuat penggunanya bebas memasang dan menghapus aplikasi yang mereka inginkan.

Meskipun begitu, pernahkah terlintas di pikiran anda bahwa software yang telah anda uninstall tersebut sudah sepenuhnya terhapus? Karena pada umumnya setelah kita menghapus aplikasi lewat control panel, aplikasi tersebut sebenarnya masih meninggalkan sisa file dan folder.

Jika sebelumnya anda sudah sering menghapus aplikasi, maka besar kemungkinan sudah terjadi penumpukan sisa file aplikasi dan registry. Dampaknya tentu saja akan membuat kapasitas harddisk menjadi berkurang dan komputer terasa lemot.

Nah, untuk itu pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara uninstall program komputer secara bersih sampai ke akarnya. Kita tidak akan menggunakan software tambahan seperti Revo Uninstaller, Perfect Uninstall dan sebagainya. Karena hanya akan memenuhi harddisk komputer saja.

Tutorial Cara Uninstall Program Aplikasi di Windows Sampai Benar-benar Bersih

Seperti biasa, cara ini bisa anda praktekkan pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Kebetulan untuk kasus ini saya menggunakan Windows 7, tapi jangan khawatir jika anda menggunakan versi Windows yang berbeda, karena langkah-langkahnya tidak jauh berbeda.

Uninstall Aplikasi

  • Masuk ke Control Panel dengan cara klik Start -> Control Panel.
  • Lalu masuk ke menu Programs -> Programs and Features dan anda akan dibawa ke halaman Uninstall or change a program. Di halaman inilah kita bisa melihat semua software yang terinstall di komputer atau laptop.
  • Klik kanan program yang akan anda hapus, lalu klik Uninstall/Change.
  • Kemudian ikuti instruksi-instruksi untuk menghapus program.
  • Selesai, kini anda telah berhasil menghapus program aplikasi.

Apa cukup sampai di sini saja? Tidak, mungkin masih ada sisa file, folder, atau registry yang masih tertinggal di harddisk. Untuk itu kita perlu membersihkan sisa uninstall software tersebut agar benar-benar bersih sampai ke akarnya. Berikut caranya:

  • Masuk ke Registry Editor, caranya tekan tombol Windows + R, setelah jendela Run terbuka, ketikkan regedit dan tekan Ok atau Enter.
  • Setelah berhasil masuk ke Registry Editor, kita harus mencari nama folder dari aplikasi yang telah di-uninstall tadi.
  • Masuk ke HKEY_CURRENT_USER -> Software -> lalu cari folder aplikasi yang kita uninstall tadi. Jika ada, silakan hapus foldernya. Jika tidak, lanjut ke langkah berikutnya.
  • Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE -> Software -> lalu cari lagi folder aplikasi yang di-uninstal tadi. Jika ada silakan dihapus folder tersebut.
  • Selesai, sekarang kita telah mencabut semua akarnya.

Note: Lakukanlah cara di atas dengan hati-hati. Saya tidak bertanggung jawab kalau terjadi kesalahan fatal jika anda salah menghapus folder.

Nah, itu dia cara uninstall program di windows tanpa software yang bisa anda coba. Jika cara manual bisa dilakukan, kenapa harus menggunakan software tambahan? Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam urusan install dan uninstall aplikasi komputer.

2 Comments on “Cara Uninstall Program di PC Windows Tanpa Software + Hapus Registry”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *