Cara Membuka Aplikasi Selalu Menggunakan “Run as Administrator” di Windows

Di dalam sebuah sistem operasi terdapat tingkatan user (pengguna) yang memiliki hak akses tersendiri. Misalnya Administrator (pada Windows) dan Root (pada Linux), mereka memiliki hak akses tertinggi dibandingkan user biasa.

Administrator bebas merubah atau memodifikasi file sistem, sedangkan user biasa hanya sebatas menggunakan dan menjalankan program saja.

Jadi, setiap kali anda menjalankan program yang dapat merubah file sistem atau registry, pasti anda diminta untuk mengakses program tersebut sebagai admin (Administrator). Biasanya dilakukan dengan cara klik kanan -> Run as Administrator.

Bayangkan saja jika dalam sehari anda harus menjalankan program tersebut berkali-kali. Bukan hanya rugi waktu, anda juga akan bosan melakukan klik kanan > Run as Administrator secara berulang-ulang.

Nah, untuk menghemat waktu dan tenaga, pada artikel kali ini Om Komputer akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara menjalankan aplikasi selalu menggunakan “Run as Administrator” tanpa harus klik kanan terlebih dahulu.

Menjalankan Aplikasi Selalu Menggunakan “Run as Administrator”

Di sini admin akan membagi tutorial ini menjadi dua bagian. Yang pertama untuk program aplikasi yang memiliki shortcut dan tanpa shortcut (file exe saja). Ini juga berlaku bagi pengguna Windows 7, 8, dan 10.

1. Aplikasi yang Memiliki Shortcut

  • Pertama klik kanan pada shortcut program dan klik Properties.
run as administrator (gambar 1)
  • Pada jendela Properties, klik tab Shortcut -> Klik Advanced -> Centang pada bagian Run as administrator, lalu klik Ok.
run as administrator (gambar 2)
  • Selanjutnya klik Apply dan Continue.
run as administrator (gambar 3)
  • Sekarang aplikasi atau program sudah bisa dibuka sebagai Run as Administrator. Cukup dengan cara klik dua kali pada shortcut, lalu muncul jendela UAC dan klik tombol Yes.

2. File EXE

  • Cari file exe yang ingin anda setting, setelah itu klik kanan -> Properties.
run as administrator (gambar 4)
  • Pada jendela Properties, silakan pindah ke tab Compatibility. Kemudian centang pada bagian Run this program as an administrator.
run as administrator (gambar 5)
  • Terakhir jangan lupa untuk mengklik tombol Apply dan Ok.

Sampai di sini anda sudah bisa menjalankan program selalu sebagai Administrator tanpa harus klik kanan -> Run as Administrator. Cukup dengan double klik dan jendela UAC akan muncul dengan sendirinya.

Jika di suatu hari anda ingin mengembalikan pengaturannya seperti semula, cukup dengan mengikuti tutorial di atas dan hilangkan centang pada Run as Administrator. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca semuanya dan semoga berhasil.

Baca juga: Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *