10 Tips Sehat Saat Duduk dan Bekerja di Depan Komputer

tips duduk di depan komputer yang baik dan benar

Sebagai seorang yang sebagian besar waktunya dihabiskan di depan komputer, wajib rasanya untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Pasalnya, mayoritas orang-orang yang bekerja di depan komputer mengalami masalah pada kesehatannya.

Sebagai contoh sederhananya, anda pasti pernah merasakan pegal-pegal pada bagian pinggul atau leher setelah bekerja selama beberapa jam. Memang hal ini tidak menjadi masalah yang terlalu serius bagi kita. Namun jika hal tersebut diabaikan, lambat laun tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kita, misalnya perubahan pada postur tubuh dan sebagainya.

Salah satu penyebabnya adalah cara duduk di depan komputer yang salah. Lantas, bagaimana cara duduk di depan komputer yang baik dan benar agar tidak mengganggu kesehatan? Pada artikel kali ini omkomputer.com akan membagikan beberapa tips untuk anda yang bekerja sehari-hari menggunakan komputer.

Tips Duduk di Depan Komputer yang Baik dan Benar:

1. Duduklah dengan Tegak

Salah satu penyebab punggung bagian bawah terasa sakit setelah berlama-lama di depan komputer adalah posisi duduk yang salah. Hal ini terjadi karena posisi tubuh terlalu membungkuk, sehingga tulang belakang tidak dalam keadaan lurus.

Untuk itu usahakan agar duduk dalam keadaan tegak. Jika anda menggunakan kursi yang kemiringan sandarannya bisa diatur, aturlah dalam posisi 100 derajat. Selain itu tariklah pinggang anda ke sudut kursi hingga menyentuh sandarannya. Ini bisa membuat posisi duduk anda menjadi tegak lurus.

2. Duduk Dekat dengan Keyboard

Jika posisi keyboard terlalu jauh tentu kita akan sulit untuk mengetik, sehingga mau tidak mau kita tetap harus membungkuk. Dengan jarak keyboard yang mudah dijangkau, akan menjaga posisi tubuh tetap dalam keadaan tegak.

3. Atur Ketinggian dan Kemiringan Keyboard Senyaman Mungkin

Pastikan ketinggian keyboard yang dipilih tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah, sehingga membuat bahu anda tetap santai, sikut sedikit terbuka dan posisi tangan tetap lurus. Selain itu aturlah kemiringan keyboard menggunakan kaki keyboard (jika tersedia).

Jika anda duduk dalam posisi bersandar, aturlah kemiringannya agar sedikit mengarah ke anda. Ini akan menjaga posisi tangan anda tetap dalam keadaan lurus. Begitu juga sebaliknya, jika posisi duduk dalam keadaan tegak atau sedikit membungkuk, pastikan kemiringannya mengarah agak ke depan.

4. Letakkan Mouse Dekat dengan Keyboard

Untuk menjaga posisi punggung tetap dalam keadaan tegak, letakkanlah mouse pada tempat yang mudah dijangkau, salah satunya yaitu di samping keyboard.

5. Gunakan Tempat Keyboard dan Mouse

Tempat keyboard dan mouse tidak hanya berfungsi untuk meletakkan keyboard dan mouse pada posisi terbaik, tetapi bisa juga berfungsi sebagai sandaran lengan bawah. Sandaran ini berfungsi untuk membantali permukaan yang keras, sehingga lengan bawah akan terasa nyaman.

6. Atur Posisi Monitor Secara Tepat

Posisikan monitor sejajar dengan tinggi mata anda, atau bisa juga 4-5 cm lebih tinggi dari ketinggian mata anda. Ini akan menjaga posisi leher anda tetap dalam keadaan tegak. Selain itu, aturlah jarak antara mata dengan layar monitor senyaman mungkin atau sekitar 50-60 cm.

7. Atur Kecerahan Layar Senyaman Mungkin

Jika anda bekerja di depan komputer selama beberapa jam, pastikan juga kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan mata anda. Intinya jangan terlalu cerah dan jangan terlalu redup, karena bisa membuat mata anda cepat lelah.

8. Luangkan Waktu Sejenak Untuk Beristirahat

Penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang duduk terlalu lama tanpa banyak bergerak dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk itu luangkanlah waktu anda selama 5 โ€“ 10 menit setiap 1 jam sekali untuk beristirahat. Lakukanlah peregangan, berjalan, berdiri, atau kegiatan apapun untuk menjauh sejenak dari layar komputer.

9. Istirahatkan Mata Bila Perlu

Selain beristirahat dengan melakukan kegiatan fisik, sesekali anda perlu untuk mengistirahatkan mata bila terasa cukup lelah. Anda bisa melakukannya dengan cara mengalihkan pandangan anda ke objek yang jauh selama beberapa menit. Selain itu anda juga bisa membuat mata lebih rileks dengan cara menutup mata dengan telapak tangan selama 10 โ€“ 15 detik.

10. Lakukan Latihan Pergelangan Tangan

Terakhir, lakukanlah latihan sederhana pada pergelangan tangan anda dengan cara menggerakkan pergelangan tangan atau jari ke atas dan ke bawah. Lakukanlah setidaknya selama enam kali dalam sehari. Gerakan ini dapat mencegah pengguna komputer dari risiko Carpal Tunnel Syndrome di masa yang akan datang

Nah itu dia beberapa tips duduk dan bekerja di depan komputer yang baik dan benar agar kesehatan kita tidak terganggu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua.

One Comment on “10 Tips Sehat Saat Duduk dan Bekerja di Depan Komputer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *